Rahasia dan strategi sukses menghadapi Ujian Sekolah SD SMP SMA

Rahasia dan strategi sukses menghadapi Ujian Sekolah SD SMP SMA - Halo sobat pembaca blo kali ini saya akan membagikan pengalaman saya semasa sekolah nih, masa-masa paling indah katanya... Hehehe.

Seperti yang kita ketahui bersama, hal yang paling ngga di senengin sama anak sekolahan adalah ujian. Yap. Hampir semua anak sekolahan deh. Dari yang TK sampai yang lagi ngejar title S3 sekalipun. Yah walaupun ujian adalah cara untuk membuktikan apakah pembelajaran yang sudah dilakukan itu berhasil atau tidak dan setelah ujian kita akan merasakan liburan namun terlepas dari itu semua,  ujian adalah hal yang membuat pusing. Apalagi buat yang ngga belajar dan ngga niat sekolah.

Tapi saya ngga mau bahas soal anak yang mau sekolah atau yang ngga suka sekolah. Kembali ke topik utama. Rahasia dan strategi sukses Ujian Sekolah SD SMP SMA. Pasti udah pada ngga sabar ya buat baca apa rahasianya. Yuk dimulai.

1. Belajar 30 menit setelah pulang sekolah.
Metode belajar yang satu ini saya dapatkan saat saya duduk di kelas satu SMA, saya tahu metode ini dari guru saya yang  bernama Bpk. Firdaus Ainur Rofiq. Dari penjelasan beliau, metode ini dilakukan dengan cara membaca pelajaran yang baru saja kita pelajari saat sekolah, dengan membaca pelajaran yang baru saja kita akan memiliki salinan ingatan pelajaran yang kita terima pada hari itu. Setelah saya menggunakan metode ini, alhamdulillah mengurangi beban belajar yang kadang menumpuk.


2. Belajar pada waktu pagi. Antara jam 3-5 pagi.
Saya masih ingat, mendapatkan metode belajar setelah sholat subuh adalah satu metode yang beritahukan kepada saya saat saya kelas lima SD. Bapak Tahwadi Waluyo yang memberikan metode ini, dan saat saya kelas dua SMA, saya mendapatkan penyempurnaan metode ini dari sahabat saya Muhammad Rifqi Hafidzudin Arif. Metode belajar pada waktu pagi dilakukan dengan cara membaca dan menghafal di waktu dua jam setelah sholat tahajud hingga subuh, yaitu pukul 03.00-05.00 atau lebih tentunya dengan tetap melaksanakan ibadah sholat dong. Metode ini manjur untuk anda yang memiliki konsentrasi yang kurang maksudnya harus belajar di suasana hening.

3. Belajar 45 menit setelah sholat isya.
"Baca bukumu mulai pukul 8-9". Itu yang saya ingat sejak baru pertama masuk sekolah. Dan benar sekali, cara ini sukses membuat saya suka membaca buku. Bahkan saya lebih suka membaca buku dibandingkan menonton TV yang saat ini tayangannya menurut saya kurang bagus.

4. Menjadikan belajar sebagai momentum yang menyenangkan.
Pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran yang memberikan pengalaman yang melekat pada ingatan siswa. Hal itu bukan hanya tanggung jawab Guru. Namun menjadi tanggung jawab siswa juga, dikarenakan siswa lah yang akan menerima pembelajaran. Dulu saya sering mengalami hal menurut saya unik. Karena saat saya lupa akan suatu materi, yang saya ingat pertama adalah momentum yang terjadi pada saat saya menerima materi itu. Misalkan Bu Eva Laila Lutfah menceritakan pengalamannya bersamaan dengan membahas tentang Ayat Jurnal Penyesuaian.

5. Baca buku saat waktu luang.
Saya adalah tipe orang yang cepat bosan. Jadi saya memutuskan untuk membaca buku dengan cepat. Misalkan untuk buku setebal buku Chairul Tanjung si Anak Singkong itu harus saya selesaikan minimal tiga hari. Karena jika saya lebihkan maka tidak akan terbaca lagi oleh saya. Buku yang saya bahas di nomor 5 ini tidak harus buku mata pelajaran ya. Novel, Cerpen, Biografi, Motivasi dan lain-lain boleh kok. Sekaligus sebagai penenang atau refresh lah untuk otak kita agar tidak monoton pelajaran saja yang dipikirkan.

6. Tidak menggunakan belajar SKS.
SKS yang dimaksud disini bukan lah sistem kredit semester yang ada diperkuliahan, namun SKS adalah belajar dengan sistem kebut semalam. Kebanyakan dari kita menggunakan SKS karena kita tidak melakukan metode 1-4 dan membuat kita lupa dengan pelajaran yang akan diujikan, akhirnya SKS pun tak dapat dihindari.

Rahasia dan strategi sukses menghadapi Ujian Sekolah SD SMP SMA

7.Membuat ringkasan tentang pelajaran yang akan di ujikan.
Membuat ringkasan bukan untuk membuat contekan loh ya. Membuat ringkasan yang saya maksud adalah cara untuk menambah salinan ingatan pelajaran di otak kita, karena disaat kita menulis ringkasan secara tidak langsung kita merekam hal itu di otak kita. Selain cara nomor 1 ini dia cara untuk menambah salinan di otak kita.

8. PD aja.
Trik nomor 8 ini adalah trik yang akan menenangkan hati kita, dengan PD maka kita tidak nerveous dan akan lebih konsentrasi dengan soal, tentunya dengan konsen dengan soal maka akan lebih mudah mengerjakan soal  yang diberikan kepada kita.

Demikian adalah delapan Rahasia dan strategi saya untuk sukses di saat ujian sekolah. Sebenarnya yang metode atau strategi yang kita gunakan intinya adalah untuk membuat salinan di otak kita agar pada saat kita membutuhkannya kita bisa langsung ingat. Untuk membuat metode di atas menjadi kebiasaan baik kita caranya adalah dengan melakukan metode tersebut minimal 21 hari tanpa terputus. Hal itu dikarenakan untuk membuat  aktifitas sebagai kebiasaan minimal kita harus membuat rekaman di otak, dan hal itu bisa dilakukan dengan melakukannya selama 21 hari berturut-turut.

Saya sungguh berharap dengan menggunakan metode tersebut kita bisa mendapatkan nilai ujian yang lebih baik dari sebelumnya, dengan arti lain artikel saya ini bisa bermanfaat untuk sobat-sobat semua. Selamat mencoba.
Tag : sekolah, tutorial

Blog Slamet MulyadiSlamet Mulyadi

Seorang pemuda dengan banyak hobi yang salah satunya suka nulis di blog. suka motret hal-hal yang menarik di pandang mata, pokoknya selama ada nafas didada, maka selama itulah kita harus tetap berkarya.

14 Komentar untuk "Rahasia dan strategi sukses menghadapi Ujian Sekolah SD SMP SMA"

Bermanfaat banget nih gan buat ane
ijin CTRL + D ya gan,ntar ane buka sampai mau UAS 2

Hehe. Silahkan gan. Semoga bermanfaat untuk kita semua

Semoga nanti lulus 100% anak indonesia

Sebetulnya sukses ujian itu banyak caranya gan :) yg paling penting kita usaha semaksimal lalu berdo'a dan tawakal

Kalau berdo'a pasti gan... Makanya saya kasih tips itu belajar setelah sholat gan

serta jangan lupa juga berdoa, supaya diberi kelancaran dalam mengerjakan ujian :) Btw thanks juga atas tips-tipsnya, sangat membantu

Sama-sama gan. Alhamdulillah jika bisa membantu

yang terpenting adalah kejujuran saat mengerjakannya..

Kejujuran juga penting memang kang wahyu

Thanks Infonya Gan

Alhamdulillah kalau bermanfaat gan. Senang bisa membantu

Terima kasih sudah membaca artikel saya. Silahkan berkomentar untuk menambah referensi ataupun ada hal yang perlu di tanyakan. Regards (Slamet Mulyadi - Anugerah Sejahtera)

Back To Top